Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sudah Seperti Ini Belum Caramu Merawat Printer? Cek di Sini

Sudah Seperti Ini Belum Caramu Merawat Printer? Cek di Sini ~ Ngeblogo. Ngeblogo Lover, sudah lama sekali Ngeblogo tidak update postingan di blog ini. Sibuk banget dengan website satunya yang Alhamdulillah sudah bisa tembus hasil ribuan dollar. Meskipun naik turun. Tetap kudu disyukuri.
Cara merawat printer dengan baik dan tepat
Jujur capek banget nulis blog atau website tutorial. Buatnya berjam-jam, tapi begitu dipublikasikan sudah dicopas sana-sini. Entah full copas atau di-agc. Dan itu sangat banyak bermunculan di berbagai mesin pencari (search engine). Nyatanya banyak website-website agc yang masih bertebaran dan dapat menghasilkan ribuan dollar tapi dibiarkan saja.

Wah jadi curhat, kembali ke pokok postingan. Sesuai judul kita akan membahas secara ringan dan ringkas tentang cara merawat printer.

Tidak cuma tubuh atau wajah saja yang butuh perawatan. Peralatan-peralatan dari mesin di sekitar kita yang membantu tugas, bahkan menjadi petugas penting bagi kita, juga perlu dirawat. Begitu juga dengan printer yang kita miliki, butuh perawatan yang baik agar awet dan tidak mengecewakan ketika digunakan. 

Bagaimana cara merawat printer yang baik dan tepat? Sudah seperti tips-tips perawatan di bawah ini belum? Ayooo langsung dicek saja ya. 

Cara Merawat Printer

Printer adalah salah satu perangkat keras (hardware) yang sangat penting dalam kantor atau rumah. Seperti halnya perangkat lainnya, perawatan rutin pada printer dapat membantu memperpanjang umur dan menjaga agar printer tetap berfungsi dengan baik.

Nah, berikut ini Ngeblogo sajikan beberapa tips untuk merawat printer dengan baik dan tepat. Pahami dan praktikkan dengan baik. Jika kurang bisa Anda tambah, jika tidak sesuai bisa beri masukan lewat kolom komentar.

1. Membersihkan Printer Secara Teratur

Membersihkan printer secara teratur dapat membantu mencegah masalah kotoran dan debu yang dapat mengganggu kinerja printer. 

Bersihkan bagian dalam dan luar printer dengan kain yang bersih dan kering, dan hindari menggunakan bahan kimia keras.

2. Memeriksa Cartridge Tinta Secara Berkala

Cartridge tinta yang kotor dapat mengganggu kualitas cetakan dan memperpendek umur cartridge.

Periksa cartridge tinta secara berkala dan membersihkan bagian yang kotor. Jika cartridge sudah habis, segera ganti dengan cartridge yang baru.

3. Menghindari Mematikan Printer dengan Tombol Power

Mematikan printer dengan cara menekan tombol power dapat merusak printer dan memperpendek umur printer.

Gunakan tombol shutdown pada komputer atau printer untuk mematikan printer dengan benar.

Jika tidak tahu caranya, cari tutorialnya di YouTube. Ada kok. 

4. Menghindari Penggunaan Kertas yang Salah

Penggunaan kertas yang salah dapat merusak printer dan mengurangi kualitas cetakan. 

Maka pastikan untuk menggunakan jenis kertas yang sesuai dengan spesifikasi printer dan hindari menggunakan kertas yang sudah digunakan.

5. Menjaga Printer Dari Suhu Yang Ekstrem

Suhu yang sangat panas atau sangat dingin dapat mempengaruhi kinerja printer dan memperpendek umur printer.

Maka usahakan untuk menjaga printer dari suhu yang terlalu ekstrem. Entah terlalu panas atau sangat dingin. 

6. Menjaga Printer Dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Tidak cuma kulit yang punya printer saja yang bisa hitam dan terbakar jika terus menerus terpapar sinar matahari langsung dan dalam kondisi sangat panas terik. 

Begitu juga dengan printer. Paparan sinar matahari langsung dapat merusak bagian plastik printer dan memperpendek umur printer. 

Hindari menempatkan printer di bawah sinar matahari langsung dan pastikan ruangan yang terdapat printer terlindungi dari sinar matahari langsung.

7. Menggunakan Printer Secara Rutin

Mungkin ada diantara pembaca yang menggunakan printernya pas perlu saja. Dan perlunya sangat jarang. Seminggu sekali baru ngeprint. Atau setengah bulan sekali atau mungkin sebulan sekali bahkan beberapa bulan sekali baru menggunakan printernya.

Perlu Ngeblogo Lover ketahui bahwa penggunaan printer secara rutin dapat membantu menjaga kinerja printer dan mencegah masalah pada printer.

Maka pastikan untuk menggunakan printer secara rutin dan menghindari penggunaan printer dalam jangka waktu yang lama.

Nah, demikian postingan Ngeblogo yang membahas tentang Cara Merawat Printer. Dengan memperhatikan tips merawat printer di atas, semoga dapat memperpanjang umur printer Anda dan menjaga agar tetap berfungsi dengan baik. Perawatan rutin pada printer juga dapat menghemat biaya perbaikan atau penggantian printer yang mahal. Apalagi kalau sampai beli yang baru. Maka rawatlah printer sebaik mungkin. Sayangi dan cintai printer Anda dengan tulus. Semoga printer tidak sering ngambek.

Post a Comment for "Sudah Seperti Ini Belum Caramu Merawat Printer? Cek di Sini"

Blogger Widgets
close