Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Almaany, Aplikasi Kamus Arab Indonesia Untuk Android yang Rekomended

Ngeblogo - Almaany, Aplikasi Kamus Arab Indonesia Untuk Android yang Rekomended. Assalamu 'alaikum, sobat Ngeblogo. Kembali hadir di hadapan Anda, blog yang selalu berusaha menyajikan konten-konten yang berfaidah, bermanfaat untuk para pembaca. Karena kami selalu mencoba mendukung, mensupport blogger-blogger writer mengusung jargon "Say to no UnFaidah!". 

Tulisan Ngeblogo kali ini akan menyajikan tentang aplikasi kamus untuk Android. Aplikasi kamus bahasa Arab - Indonesia atau bisa digunakan sebaliknya, Indonesia - Arab. Jadi dengan kamus ini kita bisa mentranslet atau menerjemahkan kosa kata dari Arab ke bahasa Indonesia atau sebaliknya, kita bisa menerjemahkan kosa kata dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab. Penggunaan kamus ini tidak harus terkoneksi dengan internet. Dalam kondisi offline pun kita bisa menggunakannya. Jadi tidak akan merasa terganggu dengan iklan yang ada.

Terus, apa nama aplikasi kamus tersebut? Aplikasi kamus tersebut bernama Almaany Kamus Arab - Indonesia. Aplikasi Almaany (المعانى) Kamus Arab Indonesia atau kita biasa translasikan dengan Al-Ma'ani/Al-Ma'any, adalah kamus yang dikembangankan oleh Almaany.com. Jika dilihat dari info yang ada, alamat pengembang berasal dari Jordan (Yordania).

Tentang Aplikasi Kamus Almaany (Likulli Rasmin Ma'nan)

Kata Rasm (الرسم) memiliki beberapa arti. Rasm dari kata rasama-yarsumu bisa berarti melukis, menggambar. Atau rasm bisa berarti al-Atsar (الا ثر) atau bekas, peninggalan. 
Kata lain yang sama artinya dari rasm adalah:
(الخط) (الكتابة) (الزبر) (السطر) (الرقم) dan (الرشم) semuanya bisa diartikan tulisan. Dengan demikian bahwa seorang penulis yang telah menggoreskan penanya, maka ia akan meninggalkan bekas pada tulisan itu.

Kamus online yang mengusung jargon Likulli rasmin ma'nan (لكل رسم معنى) atau "Setiap tulisan memiliki makna/arti" ini telah membuat dan mengembangkan aplikasi kamus Arab ke berbagai bahasa, diantaranya adalah aplikasi Almaany Kamus Arab - Indonesia yang sedang dan akan kita bahas. Tinggal terserah pada diri kita masing-masing, sesuai dengan minat, mau instal yang Arab - Indonesia, Arab - Inggris, dll, bahakan Arab - Arab (Arab diterjemahkan dengan penjelasan bahasa Arab lagi). Nah untuk Anda yang belum memiliki aplikasi kamus ini pada HP Android atau Smartphone Anda tidak ada salahnya untuk menginstal atau memasangnya. Tidak terlalu memakan memori yang besar. Jadi cocok untuk Anda yang sedang belajar bahasa Arab atau sedang mencoba belajar menerjemahkan literasi-literasi berbahasa Arab.

Cara Menginstall Aplikasi Kamus Almaany Arab Indonesia

Bagi Anda yang berminat untuk menginstall atau memasang aplikasi Kamus Almaany dan belum tahu caranya, jangan khawatir. Berikut ini Ngeblogo buatkan tutorial cara menginstall atau memasang aplikasi Kamus Almaany Arab - Indonesia pada HP Android atau Smartphone kesayangan Anda. Ikuti langkah-langkahnya, tahap demi tahap:

Pertama, buka HP Android dan sejenisnya yang Anda miliki, nyalakan koneksi internetnya, kemudian langsung masuk ke menu Playstore (Google Plyastore)

Kedua, setelah masuk Playstore ketikkan kata "Almaany" pada kotak pencarian yang ada di posisi paling atas (ada tulisan Google Play) .Bisa juga Anda tulis dengan tulisan Arab (المعانى). Setelah mengetik kata tersebut biasanya diberi suggest pencarian seperti: Almaany, Almaany Indonesia, Almaany kamus Arab Indonesia, dll, nah Anda pilih yang salah satu suggest pencarian tersebut.


Ketiga, setelah Anda klik/pilih sugest kata pencarian dari Aplikasi yang dimaksud, hasilnya akan muncul beberapa aplikasi, Anda pilih yang Almaany Kamus Arab Indonesia. Lihat gambar berikut untuk penampakannya:

Keempat, setelah itu Anda akan diarahkan untuk menginstalnya. Tinggal Anda klik Install/Instal. Tunggu sampai Aplikasi selesai diinstal.
Almaany Kamus Arab Indonesia
yang sudah terinstall
Selesai menginstalnya dan sudah terpasang Aplikasi kamusnya silahkan coba buka dan gunakan langsung untuk mengeceknya. Jika ingin membuka, terlebih dahulu matikan saja koneksi internetnya agar tidak terganggu dengan iklan-iklan yang muncul. Karena ini aplikasi gratis ya wajar jika berisi iklan. Kecuali jika kita memasang aplikasi yang sifatnya beli.

Cara Menggunakan Almaany Kamus Arab Indonesia

Bagaimana? Sudah Anda Instal dan sudah Anda coba untuk menggunakan atau mengoperasikannya? Jika belum paham dan butuh tutorial dan contohnya, berikut ini Ngeblogo buatkan tutorial singkat cara membuka dan mengoperasikan Kamus Almaany Arab - Indonesia:

Pertama, buka aplikasi kamus Almaany yang sudah Anda Instal

Kedua, masukkan kata yang ingin diterjemahkan pada kotak pencarian yang disediakan. Boleh memasukkan kosa kata bahasa Arab atau sebaliknya memasukkan kata bahasa Indonesia. Jika sudah memasukkan kosa kata, tinggal pencet search/cari. Nanti secara otomatis kamus akan menerjemahkan kata yang Anda masukkan. 

Ketiga, geser ke atas dan ke bawah untuk melihat-lihat arti atau terjemahan kata yang Anda kehendaki. Jika muncul banyak arti, tinggal Anda memilih terjemahan atau arti yang sesuai konteksnya.
Contoh memasukkan kata bahasa Indonesia dengan kata "cara"
Contoh memasukkan kata bahasa Arab dengan kata "Manhajiyyun (منهجي)"

Demikian tulisan Ngeblogo tentang Aplikasi Kamus Almaany Arab - Indonesia yang isnyaaAllah bermanfaat untuk para pembaca yang sedang belajar bahasa Arab atau menerjemahkan teks-teks Arab. Jika terjemahannya ingin benar dan sesuai maksud penulis ya harus belajar grammer bahasa Arab juga. Sehingga dari arti-arti atau terjemahan yang ada bisa memilih yang arti pas dan sesuai. Jangan lupa share kepada yang lainnya, agar yang lain bisa mengambil pelajaran yang bermanfaat. Terimakasih. Happy blogging always.

Post a Comment for "Almaany, Aplikasi Kamus Arab Indonesia Untuk Android yang Rekomended"

Blogger Widgets
close