Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Kekurangan Blog Gado-gado

Ngeblogo - Kelebihan dan Kekurangan Blog Gado-gadoDiantara niche blog yang banyak dijumpai adalah blog atau website berniche gado-gado. Blog berniche gado-gado isi kontennya bermacam-macam. Ya seperti namanya, gado-gado. Gado-gado kalau menu makanan kan isinya bisa sayur kubis, tauge, kentang godog, tahu, telur, dan sambel kacang tentunya. Tapi kalau blog/website gado-gado ya bisa berisi dari pembahasan A sampai Z. Berita (baik politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum, bahkan kriminal), hiburan atau entertainment, olahraga, teknologi, dan lainnya. Bahkan sekarang website-website besar pun isi kontennya ikut-ikutan merambah konten yang biasanya diurusi "blogger ecek-ecek". Entah reporternya kehabisan ide atau memang kemaruk. hahaha... Tapi, boleh-boleh saja kok. Website juga website mereka, yang nulis juga mereka dan memang pekerjaan mereka. Kenapa banyak blogger yang mengeluh (ini Ngeblogo temukan di beberapa group blogger dan group adsense). Kita happy blogging always saja lah.

Jamak diketahui oleh para blogger. Ada blog yang dikelola oleh seorang blogger, dalam artian semua isi blog dikelola sendirian. Bahkan tidak sedikit, satu orang memiliki banyak blog. Setiap blog berisi konten yang berbeda-beda. Atau blog berniche tertentu. Membahas satu macam niche. Misal punya lima blog. Blog pertama berisi niche teknologi, blog kedua niche tutorial blog dan adsense, blog ketiga khusus membahas tentang kuliner, blog keempat tentang travelling, dan yang terkahir blog kelima misal isinya curhatan semua. hehehe. Sekedar contoh saja. Biar gamblang. Nah itu semua dikerjakan oleh satu orang. Tidak usah membayangkan bagaimana update blog atau websitenya. Apalagi jika jumlahnya bukan lima, tapi 10 atau 20 blog atau website. Sekali lagi tidak usah dibayangkan. Biarkan mereka saja yang mengerjakan!

Selain blog yang dikelola sendirian, tentu kebalikan dari sendirian yaitu blog yang dikelola bersama-sama. Entah blog/web yang dimiliki pribadi maupun dimiliki perusahaan besar. Blog yang dikelola bersama-sama (team atau tim) tentu akan banyak warnanya. Gaya bahasa penulisnya kan berbeda-beda. Belum lagi yang namanya niche gado-gadonya sendiri sudah tentu membuat isi kontennya bermacam-macam pembahasan. Nah kali ini Ngeblogo akan membahas kelebihan dan kekurangan blog niche gado-gado.
Untuk blog niche tertentu, kelebihannya apa dan kekurangannya apa, bisa anda baca tulisan Ngeblogo: Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche Tertentu.
Setiap blog atau website tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Hal ini pun Ngeblogo alami dan rasakan sendiri. Antara blog yang berniche gado-gado dengan yang berniche sejenis (satu fokus pembahasan) ada kelihan dan kekurangannya. Berikut ini Ngeblogo berikan daftar list kelebihan dan kekurangan blog atau website berniche gado-gado:

Kelebihan dan kekurangan blog atau website berniche gado-gado diantaranya:
- Kelebihannya mudah mencari ide tulisan. 
Membuat kontennya akan terasa mudah. Jika mandeg dengan ide tulisan kategori politik misalnya, bisa mengulas hiburan. Dan begitu seterusnya. Mandeg dengan tulisan yang satu, banyak pilihannya lainnya yang bisa diulas.
- Mudah menarik pembaca dari berbagai latar belakang hobby dan minat
Hobby dan minat orang berbeda-beda. Akan ketemu seusai dengan apa yang mereka sukai. Dengan semakin banyak tawaran atau suguhan menu bacaan, pembaca akan mencari sesuai dengan apa yang disukai atau diminatinya. Dari sini akhirnya bisa meningkatkan pageview blog/website.

Kekurangan blog atau website berniche gado-gado:
- Yang isinya bagian membahas berita, tentu harus uptodate. Harus selalu seger. Selang semenit kabar beritanya kok berbeda dari kenyataan (karena yang fakta setelah semenit rupanya berubah) jadi basi beritanya. Misal tulisan blog atau website menurunkan berita Si "A" anggota DPR dalam kondisi sehat bugar. Eh...selang satu menit si anggota DPR yang diberitakan mati tertabrak odong-odong, kan berita yang dilansir basi jadinya. Maka bagian konten berita harus selalu disegarkan. Jika tidak ya ketinggalan. Sedang blog atau website saingan sangat banyak.
- CPC (Cost Per Click) atau BPK (Biaya Per Klik) iklan google adsensenya (jika dipasang) nilainya kecil. Apalagi untuk target Indonesia, kadang BPKnya tragis banget, kalah dengan harga sebiji permen di tetangga. Bisa anda baca tulisan Ngeblogo berkaitan dengan ini: Niche Blog Mempengaruhi Biaya Per Klik

Demikian tulisan Ngeblogo berjudul Kelebihan dan Kekurangan Blog Gado-gado. Jika kurang pembaca bisa menambahkan sendiri. Apalagi jika Anda sudah meraskannya langsung, tentu paham dengan pembahasan ini. Bagi para blogger pemula mungkin bisa dijadikan pertimbangan ketika akan membuat blog. Mau blog yang nichenya sejenis saja atau mau milih yang gado-gado. Silahkan-silahkan saja. Happay blogging alwasy saja lah.

1 comment for "Kelebihan dan Kekurangan Blog Gado-gado"

  1. Artikel Bagus, Ijin share berita Gan.
    PUAN MAHARANI: TOLOK UKUR KERJA DPR TAK HANYA SEKADAR KUANTITAS TAPI KUALITAS

    Seluruh anggota komisi, diminta supaya tolok ukur program legislasi yang dirumuskan DPR tidak berdasarkan dari banyaknya undang-undang yang dilahirkan
    https://nusantarasatu.id/kerja-dpr/

    ReplyDelete
Blogger Widgets
close