Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Terjemah Tafsir ibnu Katsir, Sudahkah Diinstal Pada Android Anda?

Ngeblogo - Aplikasi Terjemah Tafsir ibnu Katsir, Sudahkah Diinstal Pada Android Anda?. Al-Quran adalah kitab suci yang tidak ada keraguan sedikitpun di dalamnya. Menjadi petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa. Kitab yang diturunkan oleh Allah Ta'ala kepada Nabi akhir zaman, Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam dengan perantara Jibril 'Alaihissalam, bagi yang membacanya dinilai sebagai ibadah. 

Sebagai sumber hukum yang pertama dalam Islam, al-Quran banyak dikaji oleh para ulama' kaum muslimin yang kompeten dalam bidang tafsir al-Quran. Dari hasil kajiannya yang mendalam terhadap al-Quran bermunculanlah para mufassir al-Quran terkenal yang dari karya-karya mereka banyak dibaca dan dipelajari oleh kaum muslimin dan muslimat, dari kalangan generasi tua maupun muda di seluruh dunia.

Sekilas Tentang Nama-nama Kitab Tafsir

Dari Ulama'-Ulama' zaman dulu kita temukan Tafsir Ath-Thabari, Tafsir ibnu Katsir, Tafsir Al-Jaami' li Ahkamil Quran, Tafsir Jalalain, Marah Labiid, dan lain-lainnya. Dari para 'Ulama kontemporer muncul Tafsir As-Sa'di, Tafsir Al-Muniir, Aisarut Tafasir, Tafsir Ayat Ahkam, dan lain-lainnya. Bahkan dari kalangan Shahabat Nabi muncul karya tafsir yang dikenal di kalangan pengakji tafsir sebagai tafsir al-Quran tertua, yaitu Tafsir ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhu. Untuk yang terakhir ini mungkin sobat Ngeblogo bisa membaca artikel islamqa.info berjudul "Kitab yang Dinisbahkan Kepada Ibnu 'Abbas Dalam Masalah Tafsir adalah Plasu". Wallahu a'lam bish-shawaab.

Oke, kembali pada aplikasi kitab tafsir. Diantara kitab tafsir yang mu'tamad, bisa dijadikan sandaran dalam mengkaji tafsir al-Quran, banyak diakui kualitasnya oleh para ulama' kaum muslimin, adalah Kitab Tafsir Al-Quran Al-Azhim (تفسير القرآن العظيم) karya Ibnu Katsir yang masyhur atau terkenal dengan sebutan Tafsir Ibnu Katsir. Kitab tafsir ini banyak diterjemahkan ke berbagai bahasa, diantaranya bahasa Indonesia. Banyak terjemah yang ada adalah terjemah dari kitab ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, seperti ringkasan tafsir ibnu katsir oleh Nasib Ar-Rifai. Dengan terjemah kitab tafsir yang ada akan memudahakan bagi kita untuk membaca, mengkaji, dan mentadabburi ayat-ayat al-Quran untuk dijadikan petunjuk beramal dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi jika buku-buku terjemahan yang ada membuat kurang praktis untuk bisa dibawa kemana dan dibaca kapan saja, berikut ini Ngeblogo rekomendasikan kepada pembaca sebuah aplikasi kitab tafsir, yaitu Aplikasi Tafsir Ibnu Katsir. Jika pada Android atau smartphone sobat Ngeblogo sudah terinstall aplikasi Al-Quran yang berupa teks Arab dan terjemahnya, maka alangkah bagusnya Aplikasi Tafsir Ibnu Katsir ini juga diinstall atau dipasang pada Handphone Anda. Jadi, selain membaca ayat demi ayat juga bisa membaca lengkap tafsirnya.

Cara Install Aplikasi Tafsir Ibnu Katsir

Untuk install aplikasi Tafsir Ibnu Katsir bisa sobat Ngeblogo pilih, yang berbahas Arab atau Indonesia. Berhubung pembaca blog Ngeblogo kebanyakan orang Indonesia, berikut ini Ngeblogo buatkan tutorial atau cara memasang aplikasi Tafsir Ibnu Katsir untuk Android dan sejenisnya:

Pertama, buka HP, koneksikan dengan internet, kemudian seperti biasa buka Google Playstore, lalu pada kotak pencarian ketika keyword atau kata kunci "Tafsir ibnu Katsir" atau "Quran tafsir ibnu katsir". Biasanya begitu mengetik kata " tafsir" akan muncul aplikasi-aplikasi yang ada lewat suggest pencarian. Tinggal anda pilih/klik saja sugest pencarian yang muncul tersebut.

Contoh pencarian dengan kata
kunci "tafsir ibnu katsir"
Contoh pencarian dengan kata kunci
"Quran tafsir ibnu katsir"

Kedua, setelah anda pencet, misal milih yang menggunakan kata kunci "Quran tafsir ibnu katsir" akan diarahkan menuju aplikasi-aplikasi yang terkait dengan Tafsir ibnu Katsir. Ngeblogo tidak akan menyuruh untuk memilih salah satu pengembang aplikasi tertentu, tapi silahkan kepada sobat pembaca yang ingin memasangnya boleh memilih-milih. Bisa dilihat dari info aplikasinya, dibanding-bandingakn, dilihat ukurannya gede apa tidak karena ukurannya berbeda-beda, mau yang gratis atau beli. Kalau yang ini sih saran Ngeblogo ya pilih yang gratis saja.

Kenapa Ngeblogo tidak menyuruh atau merekomendasikan aplikasi tertentu? Katena jika dilihat dan dibaca, terjemah kitab tafsirnya ibnu Katsirnya sama. Mungkin masing-masing pengembang atau pembuat aplikasi mengambil dari sumber yang sama. Entah lewat izin atau mencuri, atau terjemahnya memang dibagikan bebas cuma-cuma alias gratis (semoga saja), wallahu a'lam bishowaab.

Ketiga, jika sudah mantap milih salah satunya tinggal pencet saja. Seperti biasa nanti sobat Ngeblogo akan diarahkan ke penginstallan aplikasinya.

Misak yang dipencet atau dipilih aplikasi yang seperti pada gambar. Tinggal pencet atau klik INSTAL, kemudian tunggu sampai aplikasi sempurna terinstal atau terpasang pada Android atau smartphone sobat Ngeblogo.

Demikian tulisan Ngeblogo berjudul "Ngeblogo - Aplikasi Terjemah Tafsir ibnu Katsir, Sudahkah Diinstal Pada Android Anda?", yang mengulas secara singkat tentang aplikasi kitab tafsir ibnu katsir lengkap dengan cara menginstal atau memasangnya. Seperti dijelaskan di atas bahwa aplikasi ini berbahasa Indonesia atau terjemah kitab tafsir. Jika Anda ingin memasang aplikasi kitab tafsirnya yang berbahasa Arab, silahakan cari dengan memasukkan kata kunci menggunakan bahasa Arab. Untuk langkah-langkah memasang atau instalnya sama dengan cara di atas. Semoga behasil dan bermanfaat.

Post a Comment for "Aplikasi Terjemah Tafsir ibnu Katsir, Sudahkah Diinstal Pada Android Anda?"

Blogger Widgets
close