Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Layar HP Menjadi Posisi Landscape, Menonton Video dan Membaca Tulisan Jadi Lebih Jelas dan Enak

Ngeblogo - Cara Mengubah Layar HP Menjadi Posisi Landscape, Menonton Video dan Membaca Tulisan Jadi Lebih Jelas dan Enak. Jamak diketahui pada HP Android atau Smartphone dan sejenisnya dibekali dua model tampilan untuk melihat layarnya. Tampilan potret dan tampilan landscape. Secara sederhana tampilan potret itu jika kita sedang duduk sambil menulis sms atau melihat-lihat HP, maka tampilan yang terlihat pada layar HP, sisi vertikalnya lebih panjang dari sisi horisontalnya. Kebalikannya, tampilan landscape yaitu sisi horisontalnya lebih panjang daripada sisi vertikal dalam kondisi sama seperti di atas. Lebih jelas lagi lihat contoh gambar HP posisi potret dan landscape berikut:
Contoh HP Posisi Landscape
Contoh HP Posisi Potret
Ketika orang melihat video lewat layar HP dan terlihat kecil, usaha yang dilakukannya adalah memutar HP menjadi berposisi landscape. Jika HPnya sudah disetting otomatis putar layar, maka HPnya akan berubah menjadi posisi landscape, dan menonton video via HP pun menjadi lebih gede dan jelas. Tapi jika HP belum disetting otomatis putar layarnya, ya posisi video yang ditonton akan mengikuti posisi HPnya. HPnya dimiringkan, video jadi ikut miring. HP dibuat terbalik (atas x bawah), maka video yang tampak jadinya terbalik semuanya. Kaki di atas, kepala dibawah.

Nah, agar HP yang kita pegang bisa berputar-putar secara otomatis, maka harus disetting putar otomatis terlebih dahulu. Jika sudah disetting otomatis putar layar, ketika kita menggerakan HP, miring dan sebagainya, nanti tampilan layar atau screen HP akan menyesuaikan posisinya. Terus, bagaimana Cara Mengubah Layar HP Menjadi Posisi Landscape tidak Ajeg dalam kondisi potret seperti photo ukuran 2 x 3 melulu? Berikut ini caranya:

- Pada HP Android Smartfren Andromax A

1. Masuk menu HP Anda, lalu pilih SETTING/PENGATURAN. Setelah masuk menu SETTING/PENGATURAN klik atau pilih TAMPILAN.

2. Setelah pilih TAMPILAN, nanti anda akan diarahkan menuju beberapa menu lagi. Nah anda lihat pada pilihan SAAT PERANGKAT DIPUTAR. 

3. Jika di bawahnya ada tulisan "TETAP DALAM TAMPILAN POTRET", maka agar bisa berubah menjadi LANSDCAPE alias bisa berputar posisinya secara otomatis maka klik/pencet SAAT PERANGKAT DIPUTAR tadi lalu anda ubah menjadi PUTAR KONTEN LAYAR. Lihat gambar berikut:

Jika anda sudah pencet atau pilih PUTAR KONTEN LAYAR, nanti layar HP akan berputar secara otomatis ketika kita menggerakan posisi HP yang kita pegang. Kita pegang posisi potret, layar HP pun berada pada tampilan potret. HP kita gerakkan dan kita pilih posisi landscape, maka layar HP yang kita lihat akan menjadi lebih memanjang alias jadi kelihatan lebih besar dan jelas. 



- Pada HP Android Samsung Galaxy J 2 Prime

Pertama, Nyalakan HP Anda. Dalam kondisi menyala, geser layar dari arah paling atas ke bawah hingga muncul beberapa pilihan. Untuk pilihannya lihat pada langkah kedua.

Kedua, Lihat pilihan yang ada. Ada pilihan Potret dan Putar Otomatis. Jika sudah muncul Putar Otomatis, berarti layar HP Anda sudah bisa bisa otomatis berubah menjadi Landscape ketika HP diputar/digoyangkan. 
Ketiga, Jika pilihan yang ada pada nomor dua yang muncul adalah Potret, Anda tinggal mengubahnya menjadi Putar Otomatis dengan mengklik/pencet/pilih Putar Otomatis. 

Demikin tutorial ringkas Cara Mengubah Layar HP Menjadi Posisi Landscape, Menonton Video dan Membaca Tulisan Jadi Lebih Jelas dan Enak. Semoga bermanfaat untuk pemegang HP yang belum tahu caranya. (Perlu anda ketahui, cara atau tutorial dalam postingan ini yang dijadikan acuan adalah Android Smartfren tipe Andromax A dan Samsung Galaxy J 2 Prime. Jika HP yang anda pegang berbeda, ya tinggal menyesuaikan). Semoga berhasil, dan happy blogging always.

Post a Comment for "Cara Mengubah Layar HP Menjadi Posisi Landscape, Menonton Video dan Membaca Tulisan Jadi Lebih Jelas dan Enak"

Blogger Widgets
close