Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tulisan Blogger Anti Basi

Ngeblogo - Tulisan Blogger Anti Basi. Assalamu 'alaikum. Apa kabar liburan Anda sobat Ngeblogo semuanya? Semoga suasana diri kita dalam menjalani hari demi hari tetap menyenangkan dan istiqamah jadi orang baik. Mengisi hidup dengan karya yang bermanfaat. Jika tidak bisa berkarya, setidaknya jadi orang baik yang tidak mengganggu atau menzhalimi orang lain dan diri sendiri tentunya.
Ngeblogo - Tulisan Blogger Anti Basi. Assalamu 'alaikum. Apa kabar liburan Anda sobat Ngeblogo semuanya? Semoga suasana diri kita dalam menjalani hari demi hari tetap menyenangkan dan istiqamah jadi orang baik. Mengisi hidup dengan karya yang bermanfaat. Jika tidak bisa berkarya, setidaknya jadi orang baik yang tidak mengganggu atau menzhalimi orang lain dan diri sendiri tentunya.   Oke, back to judul artikel. Tulisan atau artikel ada yang sifat informasinya sementara (berlaku pada waktu tulisan dibuat dan diposting). Bisa jadi hari berikutnya tidak sama dengan yang ada pada tulisan yang pertama. Atau bahkan pagi diposting, siang atau sore sudah jadi basi. Seperti artikel atau tulisan blog/web berita. Misal: "pada hari Minggu pagi, tgl 10 Maret 2019 sebuah website berita menurunkan artikel berita berjudul: "Presiden Akan Meresmikan Bandara Ngeblogo Pada Senin, 11 Maret 2019". Eh... Pada hari Senin paginya muncul berita berjudul "Presiden Batal Meresmikan Ngeblogo Karena Masuk RS". Nah, judul yang dilansir pada hari Minggu secara informasi sudah basi, tidak berguna, tidak bisa dijadikan rujukan. Kenapa? Karena sudah disusul atau diganti dengan berita terbaru yang diposting pada hari Seninnya. Bahkan dengan jelas dapat dipahami, berita kedua menghapus atau membatalkan isi berita pertama. Blog yang berisi berita bertema seperti ini bisa dibilang cepat basi. Oleh karena itu jika Anda mengelola blog berita, mau tidak mau haru selalu update artikel atau tulisan setiap hari. Jadi mirip-mirip laporan rutin. Jikan tidak laporan (laporan ke pembaca), pembaca blog/website akan ketinggalan berita. Belum lagi jika pembacanya kritis, tahu dan paham dengan isi berita, " Wah dah basi ini berita!", lama-lama pelanggan atau visitor loyal blog akan mencari sumber berita lainnya yang lebih up to date, yang fresh, yang seger.  Maka, jika ingin membuat tulisan atau artikel yang tahan lama, tidak mudah basi infonya, pemilihan niche blog atau pokok bahasan blog harus diperhatikan. Meskipun yang baca sudah ada yang tahu, tapi sangat tidak menutup kemungkinan yang lainnya malah blas belum tahu. Yang sudah tahu meninggal, yang belum tahu batu saja baca, jadinya akan merasa tulisan tersebut baru karena memang baru dibaca. Atau bisa jadi sudah pernah baca, tapi tidak hafal, maka tetap baca tulisan karena buat dipakai panduan misalnya.  Nah, terus kira-kira artikel seperti apa yang tulisannya awet, tidak mudah basi, dapat dimanfaatkan warisannya oleh generasi ke generasi berikutnya? Berikut ini Ngeblogo paparkan beberapa tema atau niche/pembahasan blog atau website yang dapat Anda pertimbangkan ketika akan membuat artikel atau tulisan log/website agar tulisan terlihat tetap seperti baru, meskipun sudah lama dibuat:  1. Tutorial Blog Blog atau website tentang tutorial termasuk blog atau website yang awet infonya. Kenapa? Meskipun perkembangan blog mengalami perubahan dan pembaruan, tapi hal-hal yang masih pokok tetap saja dipertahankan. Misal tutorial tentang cara membuat blog baru. Dulu dan sekarang jika diperhatikan agak beda dalam beberap istilah, tapi pada prinsip pembuatan sama. Sehingga blog atau website yang mengulas tentang blog dan tetek bengeknya termasuk awet dan tahan lama tulisannya. Maka tidak heran jika kita menemukan tulisan tentang tutorial blog dibuat beberapa tahun lalu masih saja nongkrong di page one google. Jika dibuka kelihatan baru, rupanya cuma diganti tahun saja. Bahkan agar tetap tak tergoyahkan di Top Ten Page One Google ditambahi NB: Update dengan sedikit perubahan.  2. Tutorial Tentang Mencari Uang di Internet Tidak usah panjang lebar. Selama internet masih ada, manusia masih bisa terkoneksi dengan internet, tulisan yang mengulas tentang cara mencari uang diinternet akan terus ada. Termasuk kajian mencari uang diinternet adalah tentang Google Adsense dan sejenisnya (alternatif selain Google Adsense). Tulisannya terus menerus dibaca.  3. Makanan dan Minuman Makanan dan minuman adalah termasuk kebutuhan pokok manusia yang masih hidup. Tulisan yang membahas tentang resep atau cara memasak, cara membuat macam-macam minuman, cara membuat kue, dan sejenisnya termasuk tulisan yang akan awet dan tidak bisa. Akan senantiasa terlihat fresh dari generasi ke generasi. Bahasa gaulnya, tujuh kali tujuh turunan tak akan habis-habis. Paling yang membedakan dari sisi peralatan yang sudah semakin modern dan kemasan bumbunya yang sudah instan. Atau sedikit perkembangan yang tidak terlalu membuatnya basi.  4. Kesehatan Tulisan tentang kesehatan, obat herbal atau kimiawi termasuk tulisan yang bisa bertahan lama. Orang hidup butuh kesehatan. Maka tulisan yang berkaitan dengan kesehatan atau pencegahan penyakit akan senantiasa banyak dicari dan dibaca orang. Tulisan-tulisan yang ada pun juga tentang itu-itu saja. Intinya banyak yang sama, cuma cara ngemasnya dengan bahasa dan gaya yang berbeda. Untuk perubahan? Tentu ada lah. Seperti daru sisi perlatan yang lebih modern. Tapi sederhananya kebanyakan masalah kesehatan dan solusinya sama. Meskipun ada hal-hal yang berbeda dalam penanganannya.  5. Agama Tulisan tentang Agama atau Religi bisa dibilang tulisan yang tak akan aus atau rusak digilas zaman. Apalagi dalam urusan hal-hal yang pokok atau prinsip. Sampai hari kiamat tak akan berubah. Jika pun kelihatan ada perubahan, hanya dalam cara memahaminya saja. Itupun pada perkara-perkara yang cabang (furu'). Maka tulisan ini bisa dibilang "niche abadi" untuk artikel blog.  Demikian artikel Ngeblogo yang berjudul "Tulisan Blogger Anti Basi". Sementara cukup lima dulu saja yang dapat Ngeblogo paparkan. Jika pembaca ada yang ingin menambahkan boleh langsung lewat kolom komentar. Semoga bermanfaat dan happy blogging always.

Oke, back to judul artikel. Tulisan atau artikel ada yang sifat informasinya sementara (berlaku pada waktu tulisan dibuat dan diposting). Bisa jadi hari berikutnya, isi informasi menjadi tidak sama dengan yang ada pada tulisan yang pertama (hari kemarin). Atau bahkan pagi diposting, siang atau sore infonya sudah jadi basi. Seperti artikel atau tulisan blog/web berita contohnya. Misal: "pada hari Minggu pagi, tgl 10 Maret 2019 sebuah website berita menurunkan artikel berita berjudul: "Presiden Akan Meresmikan Bandara Ngeblogo Pada Senin, 11 Maret 2019". Eh... Pada hari Senin paginya muncul berita berjudul "Presiden Batal Meresmikan Ngeblogo Karena Masuk RS". Nah, judul yang dilansir pada hari Minggu secara informasi sudah basi, tidak berguna, tidak bisa dijadikan rujukan. Kenapa? Karena sudah disusul atau diganti dengan berita terbaru yang diposting pada hari Seninnya. Bahkan dengan jelas dapat dipahami, berita kedua menghapus atau membatalkan isi berita pertama. Blog yang berisi berita bertema seperti ini bisa dibilang cepat basi. Oleh karena itu jika Anda mengelola blog berita, mau tidak mau harus selalu update artikel atau tulisan setiap hari. Jadi mirip-mirip laporan rutin. Jika tidak laporan (laporan ke pembaca), pembaca blog/website akan ketinggalan berita. Belum lagi jika pembacanya kritis, tahu dan paham dengan isi berita, " Wah dah basi ini berita!", lama-lama pelanggan atau visitor loyal blog akan mencari sumber berita lainnya yang lebih up to date, yang fresh, yang seger.

Maka, jika ingin membuat tulisan atau artikel yang tahan lama, tidak mudah basi infonya, pemilihan niche blog atau pokok bahasan blog harus diperhatikan. Meskipun yang baca sudah ada yang tahu, tapi sangat tidak menutup kemungkinan yang lainnya malah blas belum tahu. Yang sudah tahu meninggal, yang belum tahu baru saja baca, jadinya akan merasa tulisan tersebut baru karena memang baru dibaca. Atau bisa jadi sudah pernah baca, tapi tidak hafal, maka tetap membaca tulisan tersebut karena untuk dipakai panduan misalnya.

Nah, terus kira-kira artikel seperti apa yang tulisannya awet, tidak mudah basi, dapat dimanfaatkan warisannya oleh generasi ke generasi berikutnya? Berikut ini Ngeblogo paparkan beberapa tema atau niche/pembahasan blog atau website yang dapat Anda pertimbangkan ketika akan membuat artikel atau tulisan blog/website agar tulisan terlihat tetap seperti baru, meskipun sudah lama dibuat:

1. Tutorial Blog
Blog atau website tentang tutorial termasuk blog atau website yang awet infonya. Kenapa? Meskipun perkembangan blog mengalami perubahan dan pembaruan, tapi hal-hal yang masih pokok tetap saja dipertahankan. Misal tutorial tentang cara membuat blog baru. Dulu dan sekarang jika diperhatikan agak beda dalam beberap istilah, tapi pada prinsip pembuatan sama. Sehingga blog atau website yang mengulas tentang blog dan tetek bengeknya termasuk awet dan tahan lama tulisannya. Maka tidak heran jika kita menemukan tulisan tentang tutorial blog dibuat beberapa tahun lalu masih saja nongkrong di page one google. Jika dibuka kelihatan baru, rupanya cuma diganti tahun saja. Bahkan agar tetap tak tergoyahkan di Top Ten Page One Google ditambahi NB: Update dengan sedikit perubahan.

2. Tutorial Tentang Mencari Uang di Internet
Tidak usah panjang lebar. Selama internet masih ada, manusia masih bisa terkoneksi dengan internet, tulisan yang mengulas tentang cara mencari uang (bisnis) di internet akan terus ada. Termasuk kajian mencari uang di internet adalah tentang Google Adsense dan sejenisnya (alternatif selain Google Adsense). Tulisannya terus menerus dibaca.

3. Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman adalah termasuk kebutuhan pokok manusia yang masih hidup. Tulisan yang membahas tentang resep atau cara memasak, cara membuat macam-macam minuman, cara membuat kue, dan sejenisnya termasuk tulisan yang akan awet dan tidak bisa. Akan senantiasa terlihat fresh dari generasi ke generasi. Bahasa gaulnya, tujuh kali tujuh turunan tak akan habis-habis. Paling yang membedakan dari sisi peralatan yang sudah semakin modern dan kemasan bumbunya yang sudah instan. Atau sedikit perkembangan yang tidak terlalu membuatnya basi.

4. Kesehatan
Tulisan tentang kesehatan, obat herbal atau kimiawi termasuk tulisan yang bisa bertahan lama. Orang hidup butuh kesehatan. Maka tulisan yang berkaitan dengan kesehatan atau pencegahan penyakit akan senantiasa banyak dicari dan dibaca orang. Tulisan-tulisan yang ada pun juga tentang itu-itu saja. Intinya banyak yang sama, cuma cara ngemasnya dengan bahasa dan gaya yang berbeda. Untuk perubahan? Tentu ada lah. Seperti daru sisi perlatan yang lebih modern. Tapi sederhananya kebanyakan masalah kesehatan dan solusinya sama. Meskipun ada hal-hal yang berbeda dalam penanganannya.

5. Agama
Tulisan tentang Agama atau Religi bisa dibilang tulisan yang tak akan aus atau rusak digilas zaman. Apalagi dalam urusan hal-hal yang pokok atau prinsip. Sampai hari kiamat tak akan berubah. Jika pun kelihatan ada perubahan, hanya dalam cara memahaminya saja. Itupun pada perkara-perkara yang cabang (furu'). Maka tulisan ini bisa dibilang "niche abadi" untuk artikel blog.

Demikian artikel Ngeblogo yang berjudul "Tulisan Blogger Anti Basi". Sementara cukup lima dulu saja yang dapat Ngeblogo paparkan. Jika pembaca ada yang ingin menambahkan boleh langsung lewat kolom komentar. Semoga bermanfaat dan happy blogging always.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Post a Comment for "Tulisan Blogger Anti Basi"

Blogger Widgets
close