Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Klik Iklan Pada Blog Anda Kecil Terus? Coba Atur Ad Balance Iklan!

Ngeblogo - Klik Iklan Pada Blog Anda Kecil Terus? Coba Atur Ad Balance! - Siapa publisher yang tidak akan kesal jika iklan-iklan yang tampil pada blog atau website hanyalah iklan-iklan bernilai murahan. Sekali dapat kliknya tidak cukup buat beli mie instan yang masih mentah. Jangankan mie instan, buat beli permen saja nunggu dapat dua puluh klik. Sadis benar ini pengiklan. Pelitnya minta ampun! Harga kliknya kecil terus dan stabil. Lha kalau besar dan stabil tentu kita happy. Tapi ini, sudah kecil tapi stabil. Stabil kecilnya! Ampun deh! Kerja apa dikerjain? Mak jleb!

Nah, jika hasil dari menempatkan kode iklan pada halaman blog atau website Anda kok tidak mengalami peningkatan, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Terutama jika visitor blog atau website masih sedikit. Yaitu dengan mengatur Ad Balance atau Keseimbangan Iklan.

Untuk Apa Mengatur Ad Balance?

Sebagaimana dijelaskan oleh Support Google Adsense, dengan mengatur Ad Balance kita akan dapat fokus mengatur iklan yang berperforma terbaik. Jadi, iklan yang disediakan tidak kita tampilkan semuanya. Tapi kita hanya menampilkan iklan yang paling banyak menghasilkan uang, yang meningkatkan pengalaman pengunjung situs kita secara keseluruhan dengan biaya yang minimal.

Dapat Fokus Pada Iklan yang Berperforma Terbaik

Google Adsense paham bahwa meningkatkan pengalaman pengguna pada blog atau website kita, sambil menjaga dan mengembangkan pendapatan, adalah dua hal yang sulit dicapai. Dengan mengontrol keseimbangan iklan membantu kita mengurangi jumlah iklan yang ditampilkan kepada pengguna, khususnya iklan yang memberikan pendapatan terkecil. Makanya sampai-sampai para blogger berusaha merilis iklan-iklan yang Biaya Per Klik (BPK) atau CPCnya kecil, hingga merekomendasikan agar iklan-iklan tersebut diblokir. Padahal, dengan mengatur Ad Balance, iklan-iklan yang nilai kliknya kecil tersebut akan otomatis menyingkir karena kalah dengan pengiklan-pengiklan lainnya yang berani membayar mahal. Istilahnya kalah lelang slot iklan. Hal ini bisa kita lihat dan buktikan sendiri. Ketika Ad Balance kita atur 100 % semua, bisa dibilang semua iklan pada nongol. Mulai dari yang cuma bayar dibawah 50 perak sampai yang mau bayar 1000 rupiah lebih. Mulai dari iklan syirik pedukunan, pelet, hingga obat-obatan penggede kentongan yang tidak jelas, dan sejenisnya. Semuanya ikut-ikutan buka lapak. Tapi ketika kita atur Ad Balance sekecil mungkin tapi tetap memberikan 100% dari penghasilan, mereka pada mundur teratur. Hilang dengan sendirinya.

Perlu Anda Ketahui

Umumnya, pendapatan besar secara relatif berasal dari porsi kecil tayangan iklan. Dengan hanya menampilkan iklan yang menghasilkan uang paling besar, kita dapat meningkatkan pengalaman pengunjung secara keseluruhan di blog/website/situs dengan penurunan yang minimal pada penghasilan kita.

Contoh:
Misalnya kita hanya ingin mengizinkan 70% potensi iklan untuk ditampilkan di blog/website kita, bukan default 100%. Maka kita ubah rasio pengisian iklan ke 70%. Rasio pengisian iklan adalah seberapa sering Google Adsense mengisi unit iklan yang ada di blog atau website kita dengan iklan. Rasio pengisian iklan 70% berarti Google Adsense akan mengisi unit iklan kita dengan iklan yang membayar paling tinggi hingga 70% dari waktu penayangan.

Sekarang Anda dapat memeriksa kolom "Estimasi penghasilan" untuk melihat dampak pendapatan (berdasarkan data historis penghasilan). Perlu Anda perhatikan bahwa Google Adsense menganalisis traffic situs Anda untuk membantu Google Adsense memprediksi dampak perubahan rasio pengisian iklan terhadap pendapatan Anda. Jika traffic di situs Anda rendah, prediksi Google Adsense untuk perilaku pendapatan mungkin bukan representasi yang akurat untuk performa pendapatan Anda selama periode yang lebih lama. Misalkan, situs Anda biasanya mendapatkan 100 permintaan iklan per minggu, namun hanya satu permintaan tersebut yang menghasilkan iklan bernilai tinggi. Karena sebagian besar pendapatan Anda berasal dari satu iklan, prediksi pendapatan Google Adsense mungkin terdistorsi ke arah tersebut. Seiring peningkatan traffic Anda, iklan bernilai tinggi tersebut akan memberikan hasil dengan distorsi data yang lebih sedikit dan prediksi pendapatan Google Adsense akan menjadi lebih akurat.

Cara Mengatur Ad Balance

Cara mengatur Ad Balance tidaklah serumit mengatur negara. Cara menentukan dan menetapkan Ad Balance atau Keseimbangan Iklan dapat Anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama, Masuk atau Login ke akun AdSense Anda. Setelah masuk ke akun AdSense, lihat pada dashboard akun sebelah kiri atas ada tiga garis (menu), pencet atau klik tiga garis tersebut, nanti Anda akan diarahkan ke beberapa menu. Dari beberapa menu yang ada Anda pilih/klik IKLAN. Lihat gambar di bawah:
Kedua, Setelah memilih/Klik IKLAN Anda akan diberi beberapa menu pilihan lagi. Nah, Anda pilih/Klik SALDO IKLAN. Setelah pilih/klik SALDO IKLAN Anda kan masuk di halaman Ad Balance atau "Keseimbangan iklan". Pada halaman ini Anda bisa mengotak-atik Ada Balance yang Anda inginkan dengan cara menggunakan bilah geser untuk mengurangi jumlah iklan dan lihat perkiraan dampaknya pada pendapatan Anda. 

Ketiga, setelah selesai dan mantap dengan Ad Balance yang Anda pilih, terakhir tinggal pencet/Klik TERAPKAN.
Selesai!

Setelah Anda selesai menerapkan Ad Balance, Google Adsense akan mengisi unit iklan Anda dengan iklan yang membayar paling tinggi hingga rasio pengisian iklan baru terpenuhi.

Tidak yakin apakah Anda telah menetapkan saldo iklan yang tepat untuk situs Anda? Sebaiknya jalankan eksperimen untuk menguji rasio pengisian iklan saat ini dengan rasio pengisian iklan yang berbeda. Klik Siapkan eksperimen di halaman "Saldo iklan" untuk memulai.

Perhatikan bahwa keakuratan prediksi pendapatan di fitur saldo iklan mungkin akan terpengaruh selama beberapa hari setelah eksperimen selesai.

Perhatikan bahwa saat menentukan iklan yang menghasilkan pendapatan paling banyak dan sedikit, kami memperlakukan hal-hal berikut dengan setara: jenis bid (CPC, CPM, dll.) unit iklan (kecuali pada beberapa kasus khusus seperti unit link atau unit Konten yang sesuai).

Demikian postingan Ngeblogo dengan judul "Klik Iklan Pada Blog Anda Kecil Terus? Coba Atur Ad Balance!" yang berisi tentang tutorial atau cara mengatur Ad Balance (Keseimbangan Iklan) yang kita tampilkan pada blog atau website kita. Perlu sobat Ngeblogo ketahui, masing-masing blog atau website hanya pemiliknya yang tahu secara pasti kondisinya seperti apa. Maka, bisa jadi pemilihan prosentase Ad Balance yang diterapkan pada satu blog tidak sama dengan blog yang lain. Maka silahkan anda bereksperimen dengan blog atau website Anda sendiri. Ad Balance mana yang paling cocok, paling tepat, paling pas dengan blog atau website Anda. Tepat penerapannya dan hasilnya tidak mengecewakan. Itu harapan kita semua. Happy blogging always.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

2 comments for "Klik Iklan Pada Blog Anda Kecil Terus? Coba Atur Ad Balance Iklan!"

  1. Saya mau tanya om, untuk persentase dari 100% berapa nilai perbandingan yang baik di saldo iklan experimen google adsense? Kebetulan saya lagi testing untuk di blog bisnis saya. Makasih dituunggu infonya om

    ReplyDelete
  2. Kalau itu langsung eksperimen sendiri saja mas. Beda blog/website/niche, kemungkinan beda perlakuan. Saya sendiri sering nyoba-nyoba/eksperimen.

    Nnti klo ketemu yg cocok buat blog/web kita, ya itu sj yg digunakan.

    ReplyDelete
Blogger Widgets
close