Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengurangi Beban HP Dengan Menghapus Cache Aplikasi

Ngeblogo - Mengurangi Beban HP Dengan Menghapus Cache Aplikasi. Dengan berkembangnya teknologi pembuatan aplikasi android/smartphone yang setiap hari terus bertambah, tentu para pengguna Handphone smartphone/android akan semakin dimanjakan dengan berbagai pilihan aplikasi. Mulai dari aplikasi yang berguna digunakan untuk menunjang kehidupan nyata, maupun aplikasi yang dinikmati sekedar untuk senang-senang seperti aplikasi-aplikasi game. Ngeblogo yakin banyak sekali aplikasi yang dipasang atau diinstall di handphone para pembaca. Mulai dari aplikasi bawaan ketika membeli HP baru, hingga beragam aplikasi yang diinstall sendiri lewat Google Playstore misalnya.

Nah, dengan banyaknya aplikasi yang yang terpasang dan sering dibuka alias aktif digunakan, tentu akan menyisakan cache yang banyak juga. Sehingga akan banyak memakai memori HP yang gede. Jika memori HPnya besar mungkin tidak akan terlalu bermasalah. Tapi jika memori HP kecil, tentu akan menambah si HP "sesak nafas" karena kinerjanya terhambat dengan cache-cache aplikasi yang banyak diinstall tersebut. Maka untuk mengurangi beban HP, sebaiknya anda hapus cache-cache yang ada pada aplikasi tersebut. Terus bagaimana caranya menghapus cache-cache tersebut?

Sebelumnya sekedar informasi untuk anda ketahui, cache adalah data yang tersimpan pada sistem penyimpanan HP/ android/smartphone yang sifatnya sementara. Data cache ini menyimpan semua aktifitas anda ketika menggunakan aplikasi. Semakin aktif anda membuka dan mengunakan aplikasi, akan semakin besar cache yang tersimpan. Cache sebenarnya berguna untuk membantu mempercepat kinerja HP anda ketika membuka aplikasi yang sama tanpa harus "mulai lagi dari nol" karena data-data yang ada sudah tersimpan. Akan tetapi ya seperti tadi diatas, jika sering digunakan, maka kapasitas cache-nya jadi semakin besar. Apalagi jika yang digunakan adalah aplikasi yang berkaitan dengan video. Saya contohkan YouTube. Semakin sering anda online membuka dan menggunakan YouTube, maka cache aplikasi ini akan semakin besar.

Oke, mari kita masuk ke tahap-tahap dari cara menghapus cache aplikasi. Sebelumnya perlu anda ketahui, bahwa yang Ngeblogo gunakan untuk praktik pada tutorial ini adalah HP Smartfren Android A. Jika yang anda gunakan HPnya sama, tinggal langsung praktikkan saja. Jika berbeda, silahkan coba disesuaikan.

Pertama, silahkan buka HP Anda lalu masuk ke menu PENGATURAN HP/SETTING (Pencet/Klik PENGATURAN). Contohnya di Smartfren Android A seperti ini penampakannya:

Kedua, anda akan diarahkan ke beberapa menu, scroll ke bawah cari menu APLIKASI. Pencet/Klik menu tersebut. Nanti anda akan diarahkan menuju beberapa Aplikasi yang sudah Terunduh/Terinstall pada HP.

Ketiga, setelah anda masuk ke Aplikasi Terunduh/Terinstall pada HP, tunggu sampai muncul kapasitas ruang/memori yang digunakan oleh setiap aplikasi. Biasanya muncul di bawahnya. Misal YouTube 82,45 MB. 

Keempat, nah ini yang akan masuk menuju tahap akhir penghapusan cache-nya. Tinggal anda scoroll naik-turun layar HP anda, pilih Aplikasi mana yang akan dihapus cache-nya. Di sini saya contohkan akan menghapus cache YouTube. Setelah dipakai online untuk menonton video YouTube, ternyata cache menghabiskan ruang sebesar 68,25 MB. Jika HP sedang penuh memorinya, dihapus lumayan kan buat menambah "nafas" HP. Ruang atau kapasitas memori HP akan agak longgar. Jika sudah ok, sudah fiks yang akan dihapus adalah cache aplikasi YouTube, tinggal anda pencet HAPUS Cache. 

Setelah cache terhapus anda dapat melihat langsung perubahannya. Seperti gambar yang Ngeblogo buat contoh.

Demikian tutorial tentang cara Mengurangi Beban HP Dengan Menghapus Cache Aplikasi. Cara ini adalah cara menghapus satu persatu. Jika anda ingin menghapus secara cepat, bukan satu persatu, bisa anda install aplikasi pembersih cache di Google Playstore. Namun jika hanya beberapa aplikasi saja yang operasi penggunaanya tinggi alias sering digunakan, Ngeblogo sarankan ya dihapus secara manual saja. Setidaknya mengurangi beban HP anda dengan aplikasi baru lagi. Jika anda ingin menginstallnya, ya suka-suka anda saja. Silahkan. Jika ada yang kurang jelas, bisa disampaikan lewat kolom komentar. Jika yang lihat pertanyaan nanti ingin menjawab, silahkan. Semoga bermanfaat, terimakasih and Happy blogging always.

Post a Comment for "Mengurangi Beban HP Dengan Menghapus Cache Aplikasi"

Blogger Widgets
close