Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Busyet, Aplikasi di Play Store ini Didownload Lebih Dari 5 Milyar Pengguna, Aplikasi apa saja tuh?

Ngeblogo - Busyet, Aplikasi di Play Store ini Didownload Lebih Dari 5 Milyar Pengguna, Aplikasi apa saja tuh? Sobat Ngeblogo, diantara kemudahan yang didapat dengan adanya aplikasi play store atau Google Play store adalah kita dimudahkan untuk mendowload, menambah aplikasi-aplikasi yang kita butuhkan pada handphone yang dari bawaannya ketika beli belum ada atau belum terpasang. Jadi kita tinggal buka Google Play store, cari aplikasi yang diinginkan dan dibutuhkan, kemudian tinggal kita instal. Entah mau yang gratis atau yang model beli, semua kembali ke selera masing-masing. Bila anda baru kenal dengan Handphone model Android atau Telpon pintar (smartphone) dan belum tahu cara menambah atau mengunduh/dowload aplikasi di playstore bisa baca petunjuknya pada tulisan Ngeblogo berjudul: Cara Download atau Menambah Aplikasi Baru di Google Play store. Nah ini manfaat dilihat dari segi konsumen atau pengguna google play store.

Nah, sekarang menghayal dulu. Lumayan buat hiburan. Membayangkan jika Anda adalah seorang publisher Google Adsense via Admob, yaitu menjadi publisher Google Adsense dengan cara menjadi pengembang aplikasi yang ditawarkan di google play store, kira-kira berapa uang yang akan didapat per harinya bila aplikasi anda diunduh oleh lebih dari satu milyar pengguna? Benar-benar bisa kaya raya. Apalagi jika pengunduh atau pendownloadnya lebih dari lima milyar pengguna. Bisa untuk wariasan tujuh turunan. Hehehe...

Apa ada aplikasi yang diunduh atau didownload lebih dari lima milyar pengguna. Mungkin selama ini lihatnya yang terbanyak adalah satu milyaran. Bahakan ketika buka playstore dan cari-cari aplikasi kemudian diinstal palingan sekitaran ragusan ribu, jutaan, dan puluhan juta. Banyaknya ya masuk seratusan juta. Lha ini kok buat judul didownload oleh lima milyar lebih pengguna. Apa bukan hoax. Nyebar hoax dengan tujuan cari sensasi dan mancing visitor. Mana buktinya?

Tenang sobat Ngeblogoku semua. Judul tulisan ini dibuat berdasarkan penelitian lapangan, dengan mengecek langsung aplikasi-aplikasi yang didownload lebih dari lima milyar pengguna. Tertulis nyata 5 M+ dan 5.000.000.000+, yang masing-masing dibaca lima milyar lebih.

Terus pertanyaannya adalah, apa saja aplikasi-aplikasi yang didownload oleh lebih dari lima milyar pengguna tersebut dan apa fitur atau keunggulannya hingga banyak didownload oleh milyaran penduduk bumi? 

Daftar Aplikasi di Play store yang Didownload Lebih Dari 5 Milyar Pengguna

Berikut ini 6 aplikasi di Google Play store yang didownload oleh lebih dari lima milyar pengguna android/smartphone dan sejenisnya beserta fitur atau keunggulannya:

1. Google App

Pertama ada Google App. Google App dirilis pada 12 Agustus 2010, sudah diownload atau diunduh/diinstal oleh lebih dari 5 milyar pengguna.

Google app terus memberikan update tentang berbagai hal yang Anda sukai. Temukan jawaban cepat, jelajahi hal yang Anda minati, dan dapatkan feed berisi update terkait hal yang penting bagi Anda. Semakin sering Anda menggunakan Google app, semakin bagus hasilnya.

Telusuri dan jelajahi:
- Restoran dan toko terdekat
- Skor dan jadwal pertandingan olahraga langsung
- Jadwal pemutaran, pemeran, dan ulasan film
- Video dan gambar
- Berita, informasi saham, dan lainnya
- Hal apa saja yang dapat Anda temukan di Internet

Notifikasi dan feed yang dipersonalisasi*:
- Mulai pagi Anda dengan berita dan info cuaca
- Dapatkan update terkait olahraga, film, dan acara
- Pantau perkembangan terkini bursa saham
- Dapatkan update dan info tentang minat Anda

Koneksi tidak stabil?
- Google akan otomatis mengoptimalkan hasil untuk meningkatkan pemuatan pada koneksi yang buruk
- Jika Google tidak dapat menyelesaikan penelusuran, Anda akan menerima notifikasi dengan hasil penelusuran setelah Anda kembali online

Pelajari lebih lanjut tentang apa saja yang dapat dilakukan Google app untuk Anda di: Google

*fitur mungkin tidak tersedia di semua negara

2. Google Chrome

Kedua ada Google Chrome. Kebanyakan anda yang membaca tulisan ini, Ngeblogo yakin sudah pernah menggunakan browser produk Google ini. Bahkan Ngeblogo sendiri yang lebih sering Ngeblog (nulis artikel blog) menggunakan handphone menggunakan browser Google Chrome. Sudah mencoba menggunakan browser lainnya tidak support buat ngeblog, dan jika bisa pun loading lama, lammmmaaaaaa, lambat, lammmmbaaat banget. Sobat bisa baca tulisan Ngeblogo berjudul: Ngeblog Jadi Mudah Dengan HP Menggunakan Google Chrome.

Browser Google Chrome dirilis tanggal 7 Februari 2012, sudah didownload oleh lebih dari 5 milyar penduduk bumi. Dengan Google Chrome Akses internet lebih cepat, hemat kuota&download ~60%, plus fitur Safe Browsing.

Google Chrome adalah browser yang cepat, mudah digunakan, dan aman. Dirancang untuk Android, Chrome memberikan artikel berita yang dipersonalisasi, link cepat ke situs favorit dan hasil download, serta telah dilengkapi dengan Google Penelusuran dan Google Terjemahan. 

Cepat dan hemat kuota. 
Aktifkan fitur Penghemat Data di Chrome untuk mengakses internet dan bernavigasi secara online sambil menghemat penggunaan data. Chrome menghemat penggunaan data hingga 60% dengan fitur kompresi teks, gambar, video, dan situs tanpa menurunkan kualitasnya. 

Semua konten favorit dapat diakses dengan satu tap. 
Chrome tidak hanya cepat untuk Google Penelusuran, namun juga dirancang agar Anda dapat mengakses semua konten favorit dengan sekali tap. Anda bisa menge-tap situs berita atau media sosial favorit langsung dari halaman tab baru. Chrome juga dilengkapi dengan fitur “Tap untuk Menelusuri” di halaman mana pun. Anda bisa menge-tap kata atau frasa apa pun untuk memulai penelusuran Google sambil membuka halaman yang sedang dibaca. 

Mendownload dan melihat secara offline. 
Chrome memiliki tombol download khusus, sehingga video, gambar, dan seluruh halaman dapat didownload dengan mudah hanya dengan sekali tap. Chrome juga memiliki Beranda Download tepat di dalam Chrome, sehingga Anda dapat mengakses semua konten yang sudah didownload, bahkan saat offline. 

Lindungi ponsel Anda dengan fitur Google Safe Browsing. 
Chrome telah dilengkapi dengan Google Safe Browsing. Fitur ini menjaga keamanan ponsel dengan menampilkan peringatan saat Anda akan membuka situs berbahaya atau mendownload file berbahaya. 

Menggunakan mode handsfree. 
Chrome memiliki fitur yang memungkinkan Anda berbicara dengan browser. Gunakan penelusuran suara Google untuk mendapatkan jawaban kapan saja di mana saja tanpa mengetik. Anda dapat bernavigasi dan mengakses internet lebih cepat menggunakan suara di mana saja kapan saja. 

Menerjemahkan teks di layar. 
Chrome telah dilengkapi dengan Google Terjemahan. Chrome akan menerjemahkan seluruh halaman ke dalam bahasa Anda dengan sekali tap. 

Saran yang dipersonalisasi dengan baik. 
Chrome memberikan pengalaman yang disesuaikan dengan minat Anda. Di halaman tab baru, Anda akan menemukan artikel yang dipilih Chrome berdasarkan riwayat akses Anda sebelumnya. Saat mengetik di kolom pencarian Google, Chrome dapat otomatis melengkapi link situs atau menyarankan kueri untuk menghemat waktu Anda. 

Privasi. 
Gunakan mode rahasia untuk mengakses internet tanpa menyimpan riwayat. 

Sinkronisasi di seluruh perangkat. 
Bookmark, sandi, dan setelan Anda akan otomatis disinkronkan di semua perangkat ketika login ke Chrome. Anda dapat mengakses semua informasi dari ponsel, tablet, atau laptop dengan lancar.

3. Gmail

Nah yang ini, hampir orang yang melek punya akun Gmail. Dulu mungkin sempat booming yang menggunakan Yahoo, sekarang orang banyak yang menggunakna Gmail untuk urusan dunia surat elektronik. Apalagi bagi para plogger sekarang, otomatis harus punya akun gamil.

Gmail juga sudah diunduh lebih dari 5 milyar pengguna. Aplikasi ini dirilis pada tanggal 21 September 2010.

Gmail adalah aplikasi email yang mudah digunakan untuk menghemat waktu Anda dan menyimpan pesan dengan aman. Langsung terima pesan melalui notifikasi push, baca dan tanggapi secara online maupun offline, dan temukan pesan apa pun dengan cepat.

Dengan aplikasi Gmail Anda mendapatkan:
• Kotak masuk yang teratur - pesan sosial dan promosi diurutkan ke dalam kategori, sehingga Anda dapat membaca pesan dari teman dan keluarga terlebih dahulu.
• Spam berkurang - Gmail memblokir spam sebelum sampai ke kotak masuk untuk menjaga akun Anda tetap aman dan rapi.
• 15 GB penyimpanan gratis - Anda tidak perlu menghapus pesan untuk menghemat ruang penyimpanan.
• Dukungan untuk banyak akun - Gunakan kedua alamat Gmail dan non-Gmail (Outlook.com, Yahoo Mail, atau email IMAP/POP lainnya) langsung dari aplikasi.

4. YouTube

Hampir setiap orang yang pegang HP sudah membuka aplikasi ini. Atau lewat webnya langsung. Kecuali negara-negara yang memblokir YouTube dan produk-produk Google. YouTube dikembangkan oleh Google LLC dan dirilis pada tanggal 20 Oktober 2010. Aplikasi ini sudah didownload oleh lebih dari 5 milyar pengguna. Dengan aplikasi ini, konsumen dimudahkan untuk menonton bebagai video yang bermanfaat dan menghibur. Mulai dari dunia pendidikan, berita, berbagai tutorial, hiburan, dan banyak lagi tersebar diberbagai channel yang ada di YouTube. Selain menjadi penikmat semata, YouTube juga dijadikan tempat untuk berkreasi dari para penggunanya yang memiliki channel YouTube.

Dengan aplikasi YouTube ini Anda bisa menonton video, saluran, dan daftar putar favorit di mana pun Anda berada.

Dapatkan aplikasi YouTube resmi untuk ponsel dan tablet Android. Lihat apa yang ditonton orang-orang di seluruh dunia -- dari video musik terpopuler hingga game, hiburan, berita, dan hal lainnya yang sedang tren. Berlanggananlah ke saluran yang Anda sukai, bagikan dengan teman, dan tonton di perangkat mana saja.

Dengan desain baru, Anda dapat menjelajahi video yang disukai dengan lebih mudah dan lebih cepat daripada sebelumnya. Cukup ketuk ikon atau gesek untuk beralih antara video yang direkomendasikan, langganan, atau akun Anda. Anda juga dapat berlangganan saluran favorit, membuat daftar putar, mengedit dan mengupload video, mengekspresikan diri dengan menulis komentar atau berbagi, menampilkan video di TV, dan banyak lagi -. semuanya dapat dilakukan dari dalam aplikasi

TEMUKAN VIDEO YANG ANDA SUKAI DENGAN CEPAT

 • Jelajahi rekomendasi pribadi pada tab Beranda

 • Lihat info terbaru dari saluran favorit Anda pada tab Langganan

 • Cari video yang telah ditonton dan disukai di tab Akun

HUBUNGKAN DAN BAGIKAN

 • Beri tahu orang-orang apa yang Anda rasakan dengan menyukai, memberi komentar, dan berbagi video

 • Upload dan edit video Anda sendiri dengan filter dan musik - semua dapat dilakukan dalam aplikasi.


5. Google Text-to-speech

Google Text-to-speech termasuk aplikasi dari Google LLC yang digunakan oleh lebih dari 5 milyar pengguna. Tanggal rilisnya 10 Oktober 2013.

Google Text-to-speech memberdayakan aplikasi untuk membaca teks di layar dengan keras. Misalnya, fitur ini dapat digunakan oleh: 
• Google Play Buku untuk “Membaca Dengan Keras” buku favorit 
• Google Terjemahan untuk mengucapkan terjemahan dengan keras sehingga Anda dapat mendengarkan pengucapan setiap kata 
• Aplikasi aksesibilitas dan TalkBack untuk masukan yang diucapkan di seluruh perangkat Anda 
• ... dan banyak aplikasi lain di Play Store 

 Untuk menggunakan Google Text-to-speech di perangkat Android, buka Setelan > Bahasa & Masukan > Keluaran Text-to-speech. Pilih Mesin Google Text-to-speech sebagai mesin pilihan. Catatan, di banyak perangkat Android, Google Text-to-speech telah diaktifkan, tetapi Anda dapat mengupdatenya ke versi terbaru di sini. 

Bahasa yang didukung: Bengali (Bangladesh), Bengali (India), Kanton (Hong Kong), Ceko, Denmark, Belanda, Inggris (Australia), Inggris (India), Inggris (Inggris Raya), Inggris (Amerika Serikat), Estonia, Tagalog, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hindi, Hungaria, Indonesia, Italia, Jepang, Khmer, Korea, China (China), China (Taiwan), Nepali, Norwegia, Polandia, Portugis (Brasil), Rumania, Rusia, Sinhala, Slovakia, Spanyol (Spanyol), Spanyol (Amerika Serikat), Swedia, Thai, Turki, Ukraina, dan Vietnam.

6. Google Maps

Nah yang terakhir ada Google Maps. Aplikasi di Play Store yang sudah diunduh lebih dari 5 milyar pengguna. Ngeblogo yakin pembaca blog ini banyak yang pernah menggunakannya ketika menempuh perjalanan yang tidak begitu paham rutenya. Termasuk Ngeblogo sendiri sering menggunaknnya ketika bepergian dan belum paham jalur atau rutenya. Dengan Google Maps, rute perjalanan yang belum pernah dirambah, bisa dengan mudah dilewati tanpa tersesat. Asal ketika menggunakannya secara online, sinyal tetap ada, dan... kuotanya ada dan cukup tentunya.

Navigasi GPS real-time & saran lokal untuk makanan, acara & aktivitas

Navigasikan dunia lebih cepat dan mudah dengan Google Maps. Lebih dari 220 negara dan wilayah dipetakan serta ratusan juta bisnis dan tempat tersedia di peta. Dapatkan navigasi GPS real-time, info lalu lintas dan transportasi umum, serta jelajahi lingkungan sekitar setelah mengetahui tempat makan, minum, dan berwisata, di mana pun Anda berada.

Pergi ke tempat tujuan lebih cepat dengan update real-time
• Taklukkan kemacetan dengan estimasi waktu tiba (ETA) dan kondisi lalu lintas real-time
• Naik bus, kereta, atau transportasi online carpool dengan info transportasi umum real-time
• Hemat waktu dengan perutean ulang otomatis berdasarkan info lalu lintas, kecelakaan, dan penutupan jalan real-time

Temukan aneka tempat dan jelajahi kota seperti seorang warga lokal
• Temukan restoran, acara, dan aktivitas yang menarik minat Anda
• Cari tahu apa yang sedang ngetren dan berbagai tempat baru yang buka di daerah favorit Anda
• Ambil keputusan dengan lebih percaya diri menggunakan “Your match”, fitur peringkat lokasi yang menunjukkan seberapa besar kemungkinan Anda menyukai sebuah tempat
• Menyusun rencana grup jadi lebih mudah. Bagikan daftar pilihan dan ambil suara secara real-time
• Buat daftar tempat favorit Anda dan bagikan dengan teman-teman
• Ikuti tempat-tempat wajib dicoba yang direkomendasikan oleh pakar lokal, Google, dan partner

Lebih banyak pengalaman di Google Maps
• Peta offline untuk mencari dan menavigasi tanpa koneksi internet
• Street View dan foto dalam ruangan untuk restoran, toko, museum, dan lainnya
• Peta dalam ruangan untuk menemukan jalan dengan cepat di dalam tempat-tempat yang luas seperti bandara, mall, dan stadion

* Beberapa fitur tidak tersedia di semua negara

Nah demikian postingan Ngeblogo tentang Aplikasi-aplikasi di Play Store yang sudah Didownload Lebih Dari 5 Milyar Pengguna. Mungkin kita berpikir, aplikasi-aplikasi di atas banyak dodwonload karena otomatis sudah terpasang pada android atau smartphone dan sejenisnya yang baru kita beli. Jadi tentu saja ya otomatis banyak yang download. Belum lagi Play Store sendiri adalah milik Google sendiri.

Namun perlu kita ketahui, tidak semua apliaksi yang dirilis oleh Google LLC otomatis terpasang di HP baru yang kita beli. Buktinya banyak aplikasi-aplikasi produk Google LLC sendiri yang penggunanya di bawah 5 milyar. Ada yang 1 milyaran, 500 jutaan, 100 jutaan, bahkan puluhan jutaan. Dengan yang 5 milyar lebih pengguna tentu menunjukkan kesuksesan Googe sebagai raksasa internet dunia menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan. Semoga informatif dan menambah wawasan.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Post a Comment for "Busyet, Aplikasi di Play Store ini Didownload Lebih Dari 5 Milyar Pengguna, Aplikasi apa saja tuh?"

Blogger Widgets
close